DINDI PASALIA

Senin, 04 Maret 2019

WEB HOSTING

webhosting

WEB HOSTING

Web hosting adalah jasa penyewaan server dan aplikasi/softwarenya untuk keperluan web server. Secara definisi ruang lingkupnya hanya meliputi web server, tetapi secara praktis webhosting meliputi layanan untuk keperluan web server dan mail server.
Ketika Anda mengakses sebuah website (baik menggunakan IP Address maupun nama domain) melalui browser yang menggunakan network protocol HTTP, internet akan mengirimkan permintaan akses kepada server hosting. Selanjutnya, server akan mengirimkan informasi file yang diminta ke komputer melalui internet yang selanjutnya diterjemahkan oleh web browser dalam bentuk tulisan dan gambar.

Jenis-jenis Layanan Hosting

Setelah mengetahui cara kerja web hosting, Anda perlu mengetahui jenis layanan Ada beragam jenis layanan hosting yang tersedia yang penggunaannya menyesuaikan kebutuhan penyimpanan file website Anda, yaitu:

1. Shared Hosting


Shared hosting adalah layanan hosting dimana sebuah server digunakan secara bersama-sama oleh banyak pengguna sekaligus. Para pengguna layanan shared hosting tersebut berbagi resource & kapasitas server bersama-sama. User memiliki hak akses terbatas ke server dan setting server sudah ditentukan oleh pengelola server.
Kelebihan shared hosting:
a. Dari sisi biaya, menyewa shared hosting cukup hemat dan ekonomis dibanding menyewa VPS atau Dedicated Server.
b. Untuk pemula menggunakan shared hosting cukup memudahkan, karena Anda tidak perlu direpotkan dengan setting server sendiri.
c. Dari sisi support, biasanya layanan hosting menyediakan support yang siap membantu Anda selama 24 jam.
d. Jika ada permasalahan pada server Anda tidak perlu turun tangan sendiri, penyedia server akan memperbaiki permasalahan tersebut.

Kekurangan shared hosting:
a. Karena dipergunakan bersama – sama, jika salah satu pengguna menyebabkan overload atau gangguan pada server maka pengguna yang lain berpotensi terkena dampaknya.
b. Pengguna shared hosting memiliki akses yang sangat terbatas pada server dan hanya dapat mengakses serta mengelola filenya sendiri.
c. Seluruh setting batasan / limit sudah ditentukan oleh pengelola server, Pelanggaran pada ketentuan pengelola server dapat mengakibatkan penahanan hingga penghapusan akun hosting.

2. VPS Hosting/VPS Server



Dengan menggunakan VPS (Virtual Private Server) hosting, Anda masih berbagi server dengan pengguna lainnya. Akan tetapi, penyedia web hosting telah mengalokasikan beberapa bagian untuk Anda sendiri di server. Hal ini berarti Anda mendapatkan space server yang dedicated dan memperoleh sejumlah power computing dan memory. Selain itu, VPS hosting merupakan pilihan yang tepat bagi pengguna website bisnis yang trafficnya tinggi.
Kelebihan:
a. Space server yang dedicated (tanpa harus membeli server dedicated)
b. Peningkatan traffic di website lain tidak berdampak bagi performa situs Anda
c. Akses root ke server
d. Scalability yang mudah
e. Dapat dikelola sendiri

Kekurangan:
a. Sangat mahal jika dibandingkan dengan shared hosting
b. Harus menguasai informasi dan pengetahuan teknis terkai manajemen server


3. Cloud Hosting


Saat ini, cloud hosting merupakan paket yang paling banyak disukai di pasaran karena literally tanpa downtime. Dengan cloud hosting, Anda dapat menggunakan sekelompok server. File dan resource direplikasi di setiap server. Ketika salah satu server cloud sibuk atau bermasalah, maka traffic situs Anda akan secara otomatis di-route ke server lainnya dalam cluster.
Kelebihan: a. Sedikit bahkan tidak ada downtime
b. Jika server error, sama sekali tidak akan memengaruhi situs Anda
c. Alokasi resource sesuai permintaan
d. Bayar sesuai dengan yang Anda gunakan
e. Lebih scalable daripada VPS
Kekurangan a. Biaya sulit diperkirakan
b. Akses root tidak selalu tersedia
Share:

1 komentar:

About

BTemplates.com

Wikipedia

Hasil penelusuran

SCIENCE & TECHNOLOGY

Games & Multimedia

SERVER secara singkat

*PENGERTIAN SERVER             Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringa...

Cari Blog Ini

BTemplates.com

Popular Posts